Google

Aley Hanafiah: Setiap orang mempunyai pola elemen energi tertentu yang unik


Aleysius Hanafiah Gondosari lahir di Padang, Sumbar, 12 Juli 1961. Lulus S1 Teknik Elektro dari ITB tahun 1984, dan lulus S2 Manajemen Internasional dari Sekolah Tinggi Manajemen PPM tahun 1995. Bekerja di bidang komputer selama 11 tahun, dan di bidang manajemen selama 11 tahun juga. Sudah lama ingin aktif di dunia internet dan penulisan, karena ada kecocokan dengan energi elemen yang dimilikinya. Tetapi karena kesibukan pekerjaan, baru terealisasi sejak tahun 2008.

Aley H. G., Profil, Kabarsehat.com

Aley H. G.

Sejak kecil Aleysius Hanafiah Gondosari sudah tertarik dengan kesehatan. Mulai berlatih meditasi dan bervegetarian sejak kuliah sampai sekarang. Selain itujuga pernah berlatih Yoga Asanas, Tai Chi, Prana, Rei Ki, Pijat Refleksi, dan energi Kristal. Yang terus dilakukan sampai sekarang adalah vegetarian, meditasi, yoga asanas, dan pijat refleksi, karena menyehatkan secara alami dari sudut pandang energi 5 Elemen.

Mulai aktif mempraktekkan energi 5 Elemen sejak tahun 2003, yaitu sejak Ibunyaterkena stroke pertama kali, daningin agar Ibu bisa sehat kembali. Jadi ia menganjurkan agar Ibu mengubah menu makannya dengan jalan mengurangi makan kue bermentega, biskuit, roti tawar, daging, lemak, telur, makanan bersantan, dan menggantinya dengan makanan sehat dan segar, terutama buah-buahan, berdasarkan energi 5 Elemen. Minum air yang cukup setiap hari. Selain itu juga perlu rajin melakukan pijat jari, karena melancarkan energi 5 Elemen, memperkuat energi pada elemen Ether, sehingga melancarkan aliran darah di kepala. Selain itu juga melakukan beberapa gerakan Yoga Asanas yang ringan.

Sejak itu keluarga dan teman-temannya sering minta saran untuk memilih makanan sehat yang cocok untuk mereka berdasarkan kecocokan energi 5 Elemen.

Untuk memahami 5 Elemen energi maka Andre Birowo dan Sayuri Yosana dari kabarsehat melakukan wawancara dengan Aley Hanafiah. Tentang Lima(5) elemen energi yang diformulasikan kembali oleh Aley Hanafiah dapat dilihat melalui http://www.5elemen.com

Apa yang membuat Anda tertarik pada aspek elemen energi yang menyangkut kesehatan manusia? Sejak kecil saya sudah tertarik dengan pengobatan alami. Saya mulai berlatih Yoga Asanas waktu SMP, karena tertarik akan faktor kesehatan pada gerakan dan cara pernafasannya. Kemudian saya tertarik untuk berlatih Tai Chi waktu SMA, karena kabarnya bisa menyehatkan. Waktu kuliah, saya mulai bervegetarian dan berlatih meditasi, dan mulai belajar tentang pengetahuan 5 elemen. Setelah bekerja, saya juga sempat berlatih prana dan reiki. Dari semua yang saya pelajari, akhirnya saya memilih untuk mendalami energi 5 elemen karena cukup lengkap, alami, dan dapat menjelaskan sebab akibatnya. Saya mulai serius mendalami energi kesehatan 5 elemen ketika Ibu saya terkena stroke pertama kali tahun 2003. Sejak itu saya rajin memeriksa jenis-jenis energi kesehatan yang bisa membantu kesehatan Ibu secara alami. Kemudian keluarga dan teman-teman juga mulai sering menanyakan tentang energi kesehatan mereka dan bagaimana cara menyembuhkannya secara alami.

Bagaimana sampai Anda memformulasikan tentang 5 elemen energi? Adakah hubungannya dengan 4 elemen energi yaitu elemen tanah, elemen air, elemen api, elemen angin(udara) yang merupakan sebuah pengetahuan kuno tentang energi?

Ketika mulai berlatih meditasi, saya juga belajar tentang pengetahuan energi 5 elemen, yaitu ether, udara, api, air, dan bumi dari Guru Meditasi saya. Tetapi baru sekedar pengetahuan, dan belum sampai tahap memahami dan mendeteksi energinya. 5 elemen adalah 5 tingkat energi di mana energi yang di atas merupakan bentuk energi yang paling halus, dan menjadi sumber energi untuk energi yang di bawahnya. Jadi energi Ether menjadi sumber untuk energi Udara, energi Udara menjadi sumber energi Api, energi Api menjadi sumber energi Air, dan energi Air menjadi sumber energi Bumi, yaitu bentuk energi yang paling padat.

Energi Ether sendiri sumbernya berasal dari kesadaran jiwa dan pikiran yang ada di pusat mata atau di pusat kesadaran. Kesadaran jiwa dan pikiran mendapat energi dari energi Ilahi.

Menurut saya, memang ada hubungannya dengan 4 elemen energi, karena pengetahuan tentang 5 elemen ini memang berasal dari para filsuf bijaksana zaman dulu. Menurut mereka, energi 5 elemen ini merupakan energi dasar, dan seluruh alam semesta ini dibentuk dari energi 5 elemen ini. Jadi energi 5 elemen ini terdapat pada manusia, pada seluruh makhluk dan benda-benda, dan di seluruh alam semesta.

Pada awalnya, saya mendeteksi energi dari segi kecocokan. Sakit tertentu cocok dengan makanan apa sebagai obatnya. Kemudian saya mulai melihat adanya hubungan antara makanan sehat dengan energi pada elemen tertentu, dan saya teringat bahwa salah satu teknik pengobatan yang menggunakan 5 elemen ini adalah Ayurveda di India.

Selain mampu memformulasikan dalam bentuk yang baru apakah anda memiliki kemampuan merasakan elemen energi itu pada manusia?

Ya. Memang energi 5 Elemen ini dapat dirasakan. Selain itu, energi kesehatan ini juga dapat dirasakan pada tumbuh-tumbuhan, makhluk hidup, benda-benda, dan ruangan. Energi ini dapat diumpamakan seperti energi suara dari pemancar radio atau energi suara dan gambar dari pemancar TV. Bila kita dapat melakukan tuning yang sesuai pada radio atau TV kita, maka kita dapat menangkap suara dan gambarnya.

Jadi kita dapat merasakan pola aliran energinya, serta kuat lemahnya energi tersebut.

Pada ruangan atau tempat yang energi 5 Elemennya tidak sehat, kita akan lebih cepat merasa lelah. Karena itu orang senang pergi ke daerah pegunungan, karena umumnya energi 5 Elemen di sana masih sehat. Jadi sebenarnya orang juga dapat merasakan energi 5 Elemen ini, hanya saja tidak menyadarinya.

Bagaimana idealnya komposisi elemen energi tsb? Apakah harus ada keseimbangan komposisi elemen energi? Apakah dapat diformulasikan soal keseimbangan elemen energi bagi manusia? Ataukah komposisi elemen energi adalah unik?

Pada manusia sehat dan tumbuhan sehat, energi ini mengalir lancar pada seluruh elemen, mulai dari elemen ether, udara, api, air, dan bumi. Selain itu, karena mengalir lancar, maka energi pada seluruh elemen akan seimbang dan cukup kuat.

Tetapi pada manusia yang kurang sehat atau sakit, maka aliran energi akan tersendat, sehingga ada elemen tertentu yang energinya kurang. Hal ini akan menyebabkan organ-organ yang berhubungan dengan elemen tersebut akan terganggu kesehatannya.

Selain itu, pola aliran energi juga bisa berubah, tergantung pada makanan dan aktifitas yang dilakukan orang ybs. Ada yang pola energinya terbalik mulai dari elemen Bumi, naik ke elemen Ether, kemudian turun lagi. Ada yang pola energinya bukan dari Ether, tetapi mulai dari Api, turun ke Air, dan turun ke Bumi. Ada juga yang hanya berputar-putar di elemen Bumi. Pola aliran energi yang tidak benar ini akan dapat menyebabkan sakit pada organ tubuh yang berhubungan dengan elemen tersebut.

Yang bersifat unik adalah pola energi. Pola energi ini bisa berbeda antara orang yang satu dengan yang lain.

Jika ada ketidakseimbangan energi pada seseorang bagaimana mengatasinya? Apakah melalui makanan, olahraga,yoga, meditasi atau banyak cara lain? Kita bisa mengatasinya melalui makanan dahulu. Sebab kita mengkonsumsi makanan setiap hari, sehingga lebih mudah memperbaiki energi melalui makanan. Makanan yang dianjurkan adalah buah-buahan dan sayur-sayuran segar yang dapat melancarkan aliran energi, dan makanan yang sesuai untuk memperbaiki energi pada elemen yang sakit.

Selain itu, berlatih gerakan Yoga Asanas, pijat jari tangan melalui metoda pijat refleksi, berdoa, dan bermeditasi juga membantu melancarkan aliran energi pada seluruh elemen, dan meningkatkan energi pada elemen tertentu.

Memilih tempat, rumah, atau ruangan dengan energi 5 Elemen yang sehat juga sangat membantu, karena tubuh kita sebenarnya mampu menyerap energi 5 Elemen secara langsung dari lingkungannya.

Saya pernah pergi ke sebuah gedung, dan ketika pulang saya merasa sangat lelah. Setelah saya periksa dengan energi 5 Elemen, ternyata energi gedung tersebut tidak sehat.

Apakah komposisi elemen energi pada seseorang diturunkan secara genetik ataukah bisa oleh sebab lain? Pada umumnya, bayi yang dilahirkan dalam kondisi sehat akan mempunyai aliran energi yang lancar dan komposisi elemen energi yang cukup untuk kesehatan.

Tetapi setiap orang memang mempunyai pola energi pada elemen tertentu yang lebih kuat dan bisa berbeda antara orang yang satu dengan yang lain.

Sebagai contoh, ada orang yang mempunyai pola energi mulai dari yang paling kuat berturut-turut adalah ether, udara, air. Orang yang lain mempunyai pola energi mulai dari yang paling kuat adalah bumi, air, api. Menurut analisa energi 5 elemen, hal ini bukan diturunkan secara genetik, karena tidak selalu sama dengan orang tua, tetapi lebih disebabkan oleh pembawaan orang yang bersangkutan.

Selain faktor bawaan, makanan dan obat yang dikonsumsi oleh sang ibu sewaktu hamil, juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan energi 5 elemen pada bayi. Doa sang ibu untuk bayi di dalam kandungan juga akan berpengaruh.

Dalam tulisan yang Anda buat di website 5elemen disebutkan hubungan antara elemen energi dengan profesi bisnis. Bagaimana hubungannya? Karena setiap orang mempunyai pola energi elemen tertentu yang unik, maka hal ini akan berpengaruh pada pekerjaan, profesi, atau bisnis yang sesuai.

Sebagai contoh, orang yang mempunyai pola energi mulai dari yang paling kuat energi ether, kemudian udara, dan berikutnya air, akan cocok dengan pekerjaan software dan internet. Orang yang mempunyai pola energi udara, air, ether, akan cocok dengan pekerjaan menulis dan desain. Orang yang mempunyai pola energi api, dan berikutnya air, akan cocok dengan pekerjaan motivasi.Orang yang senang dengan aktifitas berjualan (sales atau marketing), umumnya mempunyai energi yang dominan pada elemen Air. Sedangkan orang yang mempunyai energi yang dominan pada elemen bumi, senang pada properti dan manufaktur.

Jadi orang dengan energi yang dominan pada elemen udara, akan merasa lebih nyaman bekerja di bidang penulisan atau desain, sehingga akan menjadi lebih sehat jika dibandingkan dengan bekerja di bidang lain, misalnya penjualan. Demikian pula dengan orang yang dominan pada elemen bumi akan lebih nyaman bekerja di bidang property atau manufaktur, dibandingkan bekerja di bidang penulisan.

Bagaimana korelasi antara elemen energi dengan herbal atau tanaman obat? Tumbuh-tumbuhan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran segar mempunyai energi 5 elemen yang mengalir lancar sehingga bermanfaat untuk melancarkan energi 5 elemen pada manusia. Selain itu, buah-buahan dan sayur-sayuran tertentu mempunyai energi yang dominan pada elemen tertentu sehingga mempunyai salah satu atau beberapa efek yang dapat menyembuhkan, menguatkan, atau menyehatkan.

Tumbuhan yang mempunyai efek menyembuhkan biasanya disebut herbal atau tanaman obat. Tetapi tanaman yang menyehatkan dan menguatkan juga penting bagi manusia.

Sebagai contoh, apel merah segar mempunyai energi menyembuhkan pada elemen udara, sehingga dapat menyembuhkan organ-organ di dada seperti jantung dan paru-paru, serta organ tangan. Sedangkan kencur mempunyai energi menyembuhkan pada elemen api, sehingga dapat menyembuhkan sakit mag atau sakit pada pencernaan.

Beras merah mempunyai energi untuk memperkuat elemen ether, udara, dan api, sehingga dapat memperkuat organ di kepala, tenggorokan, dada, dan perut atau pencernaan.

Pepaya mempunyai energi yang menyehatkan untuk elemen air, udara, dan api, sehingga akan menyehatkan organ ginjal, reproduksi, dada, dan pencernaan.

Seorang dokter di Yogyakarta menulis buku berjudul “six basic energy”. Dia mengklasifikasi energi di alam ini terutama yang berhubungan dengan manusia menjadi enam(6) energi dasar. Menurut dokter Bondan Suryanto, enam(6) energi dasar tsb adalah: energi fisikal, instingtif, intelektual, emosional, spiritual dan energi transendental. Apakah terdapat relasi dengan 5 elemen energi yang Anda kemukakan?

Ini pertanyaan yang sangat menarik. Memang ada hubungannya, karena menurut ilmu pengetahuan kuno, energi 5 Elemen adalah bahan dasar dari seluruh energi dan benda di alam semesta. Di atas energi 5 Elemen adalah energi kesadaran jiwa dan pikiran, yang mendapat energinya dari energi Ilahi.

Penjelasannya dari sisi energi 5 Elemen adalah sebagai berikut :

Energi fisik -> elemen bumi

Energi insting -> elemen bumi

Energi emosional -> berturut-turut mulai dari elemen udara, api, air

Energi intelektual -> berturut-turut mulai dari pusat kesadaran, elemen ether,udara, api

Energi spiritual -> berada pada pada kesadaran jiwa dan pikiran, dan memberi kekuatan pada energi 5 Elemen.

Energi transendental -> energi yang memberi kekuatan pada energi spiritual

Energi spiritual dan transsendental dapat diperoleh melalui doa dan meditasi. Selanjutnya, doa dan meditasi akan memperbaiki aliran energi 5 Elemen, serta memperkuat energi 5 Elemen.

Dalam konsep energi 5 Elemen, sumber energi mengalir dari atas ke bawah.

Jadi energi 5 Elemen dapat diperbaiki dan diperkuat melalui makanan sehat, dan akan lebih baik lagi bila disertai doa dan meditasi.

Dalam meditasi Yoga Surat Shabda yang saya pelajari, energi Transendental ini disebut juga sebagai energi Shabda, atau energi Cahaya dan Suara Ilahi.

Menurut kami dari kabarsehat bahwa pola penyakit manusia saat ini penyembuhannya tidak lagi dapat sepenuhnya dilakukan secara parsial tapi harus secara holistik? Bagaimana pendapat anda? Apakah 5 elemen energi yang anda kemukakan juga mengarahkan pada penyembuhan secara holistik? Pola penyakit yang dominan di dunia ini adalah yang berhubungan dengan pikiran dan memori. Apakah 5 elemen enegi juga mampu memberi kontribusi untuk mengatasi hal tsb?

Saya setuju dengan pendapat tersebut. Memang sebaiknya penyakit disembuhkan secara holistik. Hal yang menarik adalah bahwa buah dan sayur segar mempunyai energi emosi yang positip dan dapat membahagiakan orang yang memakannya.

Menurut Dr.Hiromi Shinya, MD., dari Albert Einstein College of Medicine, USA, makanan segar baik untuk usus dan kesehatan kita, karena memiliki lebih banyak enzim. Selanjutnya dijelaskan, bahwa enzim dapat meningkatkan kebahagiaan.

Pada mulanya, saya juga berpikir, kenapa makanan segar dapat meningkatkan kebahagiaan ? Tetapi setelah saya periksa dengan energi 5 elemen, ternyata memang buah segar mempunyai energi bahagia atau rasa nyaman yang dapat mengurangi atau menghilangkan stres pada elemen tertentu.

Tempe segar dan tape segar dapat mengurangi stres dan meningkatkan rasa bahagia atau nyaman pada elemen ether, yaitu pada organ kepala dan tenggorokan. Apel merah dapat mengurangi stres dan meningkatkan rasa nyaman pada elemen dada, yaitu jantung dan paru-paru. Pepaya dapat mengurangi stres dan meningkatkan rasa nyaman pada elemen air, yaitu ginjal dan alat reproduksi.

Sebagai gambaran, bila kita stres, maka energi stres akan terkumpul pada elemen tertentu dan ini berbeda pada setiap orang. Ada orang yang stres pada bagian kepala dan rambut, ada yang pada mulut dan gigi, ada yang terkena pada bagian tenggorokan, wanita sering stres pada bagian dada, dan banyak juga terkena stres pada bagian lambung dan usus.

Selain dengan makanan, energi 5 Elemen juga bisa diperbaiki dan ditingkatkan dengan motivasi yang positif, gerakan olahraga yang sesuai, yoga asanas, pijat refleksi, doa, dan meditasi.

Beberapa tahun yang lalu, seorang teman istri saya menderita kanker payudara. Dari analisa energi 5 elemen, ternyata penyebab utamanya adalah stress kira-kira 50%, makanan yang tidak sehat kira-kira 30%, dan lingkungan yang tidak sehat kira-kira 20%. Jadi masalah utama yang harus diatasi adalah masalah stress.

Karena dia tinggal di kota kecil, dia jarang bertemu teman-temannya. Jadi istri saya beserta teman-temannya datang menghibur sehingga dia bisa curhat dan stresnya jauh berkurang. Setelah itu, makanan juga diperbaiki sehingga lebih banyak makanan sehat dan segar seperti buah apel merah, pepaya, pisang, semangka, wortel, nenas, beras merah, serta mengurangi atau menghentikan daging dan telur sampai sembuh. Sampai sekarang dia masih sehat.

Masih adakah hal yang ingin disampaikan tentang 5 elemen energi?

Saat ini saya masih fokus pada pembahasan makanan sehat, buah-buahan dan sayur-sayuran yang bermanfaat dari sisi energi 5 Elemen. Berikutnya, saya merencanakan untuk membahas hubungan energi 5 elemen dengan motivasi yang sehat, yoga asanas, pijat refleksi, dan profesi yang cocok untuk kesehatan.

Mohon sarannya untuk www.kabarsehat.com?

Untuk isinya dan jenis informasinya sudah ok dan menarik. Mungkin yang bisa ditingkatkan adalah dari segi keyword untuk kesehatan, sehingga lebih mudah dicari oleh orang yang mencari informasi tentang kesehatan yang bersifat holistik.



*Anda Ingin Berkonsultasi dapat melalui “Ruang Konsultasi” Silahkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.