Gangguan Jiwa dan Berbagai Upaya Terapi

Hari ini adalah hari yang unik karena tanggal, bulan dan tahun ber-angka sama yaitu 10(sepuluh). Dalam sebuah acara sharing dan  diskusi tentang spiritualitas ,  dokter H. Tubagus Erwin Kusuma yang sudah puluhan tahun terjun dalam bidang psikiatri membagikan leafet dan mengatakan bahwa hari ini (10 Oktober 2010) dirayakan  sebagai hari kesehatan jiwa sedunia.

Leafet ini berisi penjelasan tentang apa itu tugas psikiater dan untuk siapa saja jasa psikiater. Juga berisi informasi tentang gangguan jiwa dan berbagai upaya terapinya.

Gangguan Jiwa

Gangguan jiwa dapat disebabkan oleh segi fisik dan mental dari seseorang,maupun segi sosial dari lingkungannya. Segi fisik, misalnya akibat keracunan, infeksi dan gangguan fungsi otak lainnya. Segi mental, misalnya akibat perkembangan dan pengalaman jiawa yang tidak sehat. Segi lingkungan , misalnya akibat pengaruh lingkungan, gegar budaya (culture shock), musibah,bencana dan teror.

Gangguan jiwa dapat terlihat dari kelainan perilaku pasien atau kelainan “perilaku” dari orga-organ tubuhnya, yang dapat berlebihan, berkurang atau menyimpangb (gangguan psikomatik)

Gangguan jiwa dapat tergolong ringan, sedang atau berat; tergantung dari besarnya gangguan keseimbangan pada ketiga unsur jiwa-raganya, yaitu:

  • perasaan dengan ungkapannya/ alat cerna: resah, sedih(depresi), takut, dsb.
  • kemauan dengan tindakannya/alat gerak : obsesi, perfeksionis, dsb.
  • pikiran dengan pernyataannya/alat nalar: paranoid (keyakinan salah), dsb.

Seperti halnya sakit badan, tidak ada orang yang terus menerus sehat atau seratus persen sakit jiwanya.

Mereka yang mengalami gangguan kepribadian, lebih banyak menyebabkan penderitaan pada lingkungannya(alloplasti)

Berbeda dengan sakit badan, makin parah sesorang mengidap gangguan jiwa, ia makin tidak tahu bahwa dirinya sakit; karena pemahaman diri yang berkurang.

Mereka yang mengalami gangguan jiwa, adalah orang yang perlu ditolong(meskipun seringkali dia tidak menyadarinya), bukan untuk dilecehkan atau ditertawakan; karena dia sendiri tidak menginginkan keadaan seperti itu.

Berbagai upaya terapi

Upaya untuk melakukan terapi bagi mereka yang mengalami gangguan jiwa dapat dikelompokkan dalam 3 kategori yaitu somatoterapi(melalui badan organobioplasmik), psikoterapi (melalui proses mental spiritual), dan sosioterapi (melalui lingkungan).

Sumber: Leafet, Psikiater Bagi Yang Sehat dan Yang Sakit, Memperingati Hari Kesehatan Sedunia 10 Oktober


*Anda Ingin Berkonsultasi dapat melalui “Ruang Konsultasi” Silahkan

Public Search Term:

terapi gangguan jiwa, gangguan jiwa, pengobatan sakit jiwa, terapi sakit jiwa, terapi penyakit jiwa, pengobatan gangguan jiwa, obat gangguan jiwa, penyembuhan sakit jiwa, penyembuhan gangguan jiwa, sosioterapi, penanganan gangguan jiwa, terapi kesehatan jiwa, tugas psikiater, terapi pada gangguan jiwa, terapi untuk Gangguan jiwa, terapi obat pada pasien gangguan jiwa, obat herbal untuk gangguan jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.