Menu Agar Jantung Tetap Sehat

sunflower

sunflower

Menu agar jantung sehat harus ditunjang oleh pilihan makanan yang tepat

Pada umumnya manusia lahir dengan jantung yang normal. Hanya sebagian kecil yang memiliki jantung abnormal. Kebiasaan berolah raga secara rutin sejak kecil membuat jantung menjadi lebih sehat karena memiliki otot-otot jantung yang lebih kuat. Sehingga sekali memompa akan mengalirkan darah lebih banyak di banding yang kurang berlatih(berolahraga).

Selain faktor otot jantung yang kuat karena olahraga maka sejumlah mineral adalah vital bagi jantung. Kalium(potassium), kalisum(calsium), zinc, copper, chromium, magnesium, manganese, selenium, vanadium dan vitamin A. Idealnya mineral ini pada kondisi tidak kekurangan tapi juga tidak berlebih.

Untuk menjaga agar fungsi jantung tetap sehat maka kita juga harus memperhatikan soal makanan. Inilah beberapa tips yang menyangkut menu makanan untuk menjaga agar jantung tetap sehat.

1. Sebagai alternatif minyak kelapa adalah minyak jagung, minyak biji matahari, minyak kacang, minyak biji kapas.

2. Hindari lemak hewan, seperti lemak sapi, kambing, sbg nya.

3. Batasi makanan sumber kolesterol, yakni dengan membatasi  makan daging hingga tiga sampai 4 kali dalam seminggu, dan tiap hari tak lebih dari 100 gr.

4. Batasi makan kuning telur empat sampai lima butir seminggu.

5. Hindari makan jeroan seeprti otak, hati,usus,ginjal dan babat.

6. Hindari kue-kue yang dibuat dari susu, kuning telur, dan mentega.

7. Makan lebih banyak ikan dan ayam sebagai pengganti daging.

8. Makan banyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat.

9.Cara pengolahan makanan yang baik untuk penderita jantung adalah, di kukus (pepes dan tim), di panggang asal jangan terlalu gosong, di bakar, di tumis dan di rebus.

Makan Ikan Mengurangi Resiko Mati Mendadak

Riset sekitar tahun 1980 menemukan penduduk asli Greenland, kendati banyak mengonsumsi menu berlemak, kematian disebabkan jantung koroner hanya sedikit. Ternyata mereka banyak mengonsumsi ikan. Ikan mengandung lemak tak jenuh ganda Ome3.  Kemudian diketahui jenis lemak ini adalah pelindung jantung.

(Dari berbagai sumber)


*Anda Ingin Berkonsultasi dapat melalui “Ruang Konsultasi” Silahkan

Public Search Term:

Makanan untuk penderita jantung, makanan untuk penyakit jantung, buah untuk penyakit jantung, buah untuk penderita jantung, makanan sehat untuk penderita jantung, agar jantung sehat, makanan bagi penderita jantung, makanan sehat untuk jantung koroner, makanan yang baik untuk penderita jantung, agar jantung tetap sehat, makanan sehat penderita jantung, menu untuk penderita jantung, makanan untuk orang sakit jantung, makanan untuk penderita jantung koroner, resep masakan untuk penderita jantung, menu sehat untuk jantung, olahraga untuk penderita jantung
4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.